Rumus Menghitung Jumlah KK yang Sama Pada Pemilu 2014

Fungsi dari rumus excel ini adalah untuk menghitung jumlah data yang sama pada suatu range sehingga tidak usah menghitung secara manual satu per satu pada sebuat database data pemilih di pemilu Presiden, Legislatif maupun Bupati.

Bentuk penulisan dari rumus excel ini adalah sebagai berikut :

Beberapa hari yang lalu ada inbox yang masuk dari google plus pecinta excel menhadapi beberapa permasalah dalam pengolahan data pemilih pada Pemilu Legislatif tahun 2014 nanti. Kebetulan saya juga diberi tugas dalam mengolah data pemilu tersebut. Ada beberapa hal yang perlu dirumuskan dalam mengolah database atau daftar pemilih yang bertujuan untuk memudahkan dan mempercepat proses pengolahan data tersebut. Misalnya saja dari data tersebut ingin diketahui berapa jumlah hak pilih laki-laki dan berapa jumlah hak pilih perempuan, berapa jumlah daftar pemilih dari tiap TPS? Berapa jumlah hak pilih seluruh, berapa jumlah data keluarga yang sama data kartu keluarganya.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas pertanyaan yang terakhir yaitu Berapa jumlah data yang memiliki KK (Kartu Keluarga) yang sama dari Daftar Pemilih Sementara (DPS)?. Untuk mengetahui data tersebut tentu dalam pengolahan data menggunakan excel harus menggunakan rumus, karena tidak mungkin PPS atau PPK harus menghitung satu per satu jumlah KK yang sama. lalu bagaimana rumusnya? OK mari kita bahas.

  1. Lihat data seperti gambar berikut
  2. Pada kolom B terlihat Nomor Kartu Keluarga (KK) yang merupakan nomor unik setiap keluarga. Coba Anda tuliskan B26 "Jumlah KK" kemudian tulislah rumus di cell C26 dengan formula =SUMPRODUCT(1/COUNTIF(B14:B23,B14:B23) )
  3. Rumus excel tersebut akan menghasilkan berapa jumlah data yang sama (jumlah KK) pada suatu data atau range. Anda tinggal menekan enter kemudian lihat hasilnya
  4. Anda perhatikan datanya ! hasil dari rumus sumproduct tersebut akan menghasilkan angka 3 karena jumlah KK yang memiliki nomor KK yang sama adalah berjumlah 3 dari 10 data.



Mudah bukan? Semoga artikel ini bisa membantu bagi para pecinta excel dalam mengolah data Pemilih di Pemilu 2014. Buat Pak Zulfahmi, SE mungkin ini yang Anda maksud. Untuk menghitung umur dan berapa jumlah laki-laki dan perempuan akan saya bahas nanti pada artikel berikutnya.

Lihat juga artikel bagaimana cara membuat laporan cepat pada proses penghitungan suara Pemilu. DISINI






Artikel Menarik Lainnya :