Rumus Menggabungkan Dua Buah Kata pada Excel dengan Concatenate




Rumus fungsi teks untuk menggabungkan dua  buah kata atau lebih dengan menggunakan rumus CONCATENATE pada Ms. Excel. Rumus concatenate biasa digunakan untuk menggabungkan beberapa kata tentunya lebih dari satu menjadi satu pada cell tertentu.


Penggunaan concatenate ini yang paling sering digunakan adalah untuk menggabungkan antara tempat lahir dan tanggal lahir. Contoh penggunaan rumus ini silakan perhatikan gambar berikut ini
Pada cell A2 tertulis "Majalengka" dan di cell B2 tertulis "02-05-1982" data dari cell A2 dan B2 akan digabungkan di cell C2 tanpa mengetik ulang data tersebut dengan menggunakan formula =CONCATENATE(A2,B2) kemudian tekan enter. Hasilnya akan tempak seperti gambar di bawah ini


hasil yang tampak pada gambar diatas sepertinya tampak kurang rapi yaitu setelah nama tempat lahir "Majalengka" langsung tertuliskan "02-05-1982" tanpa menggunakan space sehingga terlihat kurang bagus. untuk mengatasi masalah tersebut Anda harus menambahkan karakter space dengan sedikit menambahkan formula pada rumus tersebut sehingga rumus penggabungan cell menjadi =CONCATENATE(A2," ",B2) kemudian tekan enter dan lihat hasilnya yang semula "Majalengka02-05-1982" menjadi "Majalengka 02-05-1982".

Demikian bagaimana menggabungkan dua buah kata atau lebih pada cell yang berbeda di Ms. Excel menjadi satu pada sebuah cell yang sama. semoga artikel singkat ini bermanfaat.





Share this

Related Posts

close